Senin, 18 Oktober 2010

Pengenalan Mesin Injection Molding

Mesin Injection Molding adalah mesin yang memproses material plastik (resin) yang dipanaskan dengan temperature tertentu di dalam heating cylinder (barrel) kemudian diinjeksi ke dalam mold/cetakan menjadi berbagai macam bentuk produk. Proses ini disebut proses molding.
Pada kondisi temperature normal pada umumnya material plastik membeku dan akan mencair pada saat temperature mencapai titik didih tertentu tergantung jenis plastiknya. Ada dua jenis resin plastik yang digunakan di mesin injection molding, Thermoplastik resin dan Thermosetting resin.
Thermoplastik adalah resin yang mencair di titik panas tertentu dan membeku manjadi berbagai macam bentuk dan jika dipanaskan lagi akan kembali mencair untuk dibentuk dan seterusnya (recycle proses).
Thermosetting adalah resin yang mencair di titik panas tertentu (30 ~ 90 derajat celcius) kemudian dipanaskan lagi di mold (biasanya sampai 200 derajat celcius) dan membeku menjadi berbagai bentuk, tetapi tidak bisa mencair setelah dipanaskan yang kedua kalinya (bisa dikatakan tidak dapat didaur ulang). Perbedaan kedua jenis plastik ini akan dibahas selanjutnya.
Mesin injecion molding terdiri dari dua bagian, injection unit dan mold clamping unit. Injection unit terdiri dari beberapa bagian yang berfungsi sebagai proses pemanasan/pencairan material plastik di dalam barrel, proses pengisian (injeksi) material ke dalam mold/cetakan dan proses pengisian/metering material ke dalam barrel.
Mold clamping unit berfungsi untuk mengatur penutupan dan pembukaan mold serta mengeluarkan produk dari mold (ejection).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar